Monday, March 6, 2017

Manfaat Menjadi Seorang Blogger


Anda punya banyak gagasan, pikiran, atau kritik di kepala? Kenapa tidak dituangkan ke dalam tulisan?

Banyak orang yang mencurahkan isi kepala dan hatinya lewat tulisan, tapi hanya di media sosial. Menulis banyak gagasan hanya dalam 140 karakter di Twitter tentu tidak cukup, dan menulis panjang di Facebook mungkin akan membuat sebagian orang malas membacanya.


Cobalah menuliskan berbagai gagasan dan opini itu di blog. Ada banyak manfaat menulis blog, dan berikut ini di antaranya, seperti dilansir India Times.

1. Bermanfaat untuk orang lain

Kita sering merasa dibelit banyak masalah, padahal tak sedikit orang yang merasakan urusan serupa. Coba tuliskan pengalaman kita saat mengatasi masalah itu dan berbagilah dengan orang lain karena mungkin tulisan kita akan menginspirasi dan memotivasi mereka yang memiliki masalah sama.

2. Membantu menyuarakan opini

Kita semua memiliki pendapat mengenai apa pun yang terjadi di sekitar. Terkadang, kita merasa tak perlu mengungkapkannya ke orang lain atau tak percaya diri melakukannya. Menulis blog memberi kita landasan mengeluarkan segala unek-unek. Namun demikian, dalam menyampaikan opini sebaiknya dilandasi logika yang tepat dan bukan berdasar syak wasangka semata.

3. Membantu menjadi penulis yang lebih baik
Siapa bilang yang bisa menulis blog itu hanya penulis terkenal? Justru dengan menulis blog kita bisa mengasah kemampuan menulis. Ketika mulai bermain dengan kata-kata, kita akan memahami frasa dan rasa bahasa. Dengan begitu, kita pun akan menemukan gaya menulis sendiri.

4. Berbagi gagasan dengan orang banyak
Menulis blog akan membantu kita menemukan pembaca yang semakin hari kian banyak. Begitu juga komentar yang mengalir sehingga kita bisa berdiskusi dengan pembaca soal apa pun, dan mungkin pendapat mereka tidak kita dapatkan dari keluarga atau teman.

5. Mengatasi rasa takut
Bagi beberapa orang, menyuarakan opini atau mengeluarkan isi hati tidaklah mudah, terutama secara lisan. Mereka merasa takut menerima pendapat orang lain yang justru akan menambah stres. Ketakutan ini tak akan muncul saat menulis blog, justru bakal menambah kepercayaan diri.

6. Mendatangkan uang
Banyak orang yang menjadikan menulis blog sebagai profesi dan disebut blogger. Tulislah hal-hal yang kita sukai, seperti isu kecantikan, kiat bepergian, tempat-tempat wisata, dan kesehatan. Sudah banyak blogger yang sukses dan berpenghasilan cukup tinggi.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Visitor

Flag Counter